Cari teori belajar & pembelajaran lengkap...?

Sabtu, 29 Januari 2011

Program Studi Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan Fekon

Visi Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Sejalan dengan visi Fakultas Ekonomi Universitas Achmad Yani, Visi Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP)  adalah menjadi Lembaga Pendidikkan  Sumber Daya Manusia yang berkualitas,
profesional, tangguh dan bertanggung jawab melalui penyelenggaraan tri darma perguruan tinggi.

Misi Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi pembangunan
Penetapan misi Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan adalah mengembangkan Ilmu Pengetahuan di bidang Ekonomi Pembangunan, mengembangkan Sumber Daya Manusia dalam bidang Ekonomi Pembangunan yang profesional.  Membina kehidupan akademik yang sehat serta melestarikan dan mengembangkan IPTEK dengan mengoptimalkan pendayagunaan sumber daya yang tersedia.

Tujuan Program Studi IESP
1.           Menghasilkan lulusan dalam bidang ilmu Ekonomi Pembangunan yang memiliki kompetisi tinggi dalam menganalisa, mengevaluasi dan memformulasikan fenomena ekonomi pembangunan dan bisnis sesuai dengan dinamika kebutuhan daerah dan masyarakat pada umumnya.
2.           Menyiapkan lulusan yang mampu berpartisipasi baik di sektor swasta maupun pemerintah dalam bidang Ekonomi dengan konsentrasi di bidang Ekonomi Industri, Ekonomi Publik, Ekonomi Perencanaan  dan Ekonomi Moneter yang menunjang pembangunan Daerah.
3.           Menyiapkan sumber daya manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak tinggi, bersemangat ilmiah, profesional dan terampil dibidang Ekonomi pembangunan serta memiliki kinerja yang tinggi dalam mengembangkan IPTEK guna membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat.
4.           Menciptakan suasana akademik yang kondusif untuk mendorong civitas akademika, memperbaiki mutu pembelajaran secara berkesinambungan serta mendorong dosen untuk meningkatkan jumlah dan mutu penelitian, publikasi ilmiah, serta kegiatan pengabdian pada masyarakat.
5.           Menciptakan jaringan kerjasama bidang pendidikan Ekonomi pembangunan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat secara profesional baik dengan Pemda, swasta dan badan-badan lain di tingkat lokal, regional dan nasional.
Struktur dan isi kurikulum Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Achmad Yani mengacu pada Kepmendiknas Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, serta Kepmendiknas Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi. Sebagai program studi yang bersifat multidisipliner, maka untuk mewujudkan kompetensi yang diharapkan struktur dan isi kurikulum disusun sebagai berikut.


SMT
KODE
MATA KULIAH
KELOMPOK
SKS

DUM-111
Agama Islam
MPK
2

DUM-111
Agama Kristen
MPK
2

EKO-111
Pengantar Ekonomi Mikro
MKK
3
I
EKO-121
Pengantar Ekonomi Makro
MKK
3

EKO-131
Pengantar Bisnis
MKK
3

EKO-141
Pengantar Akuntansi I
MKK
3

EKO-151
Matematika Ekonomi
MKK
3

EKO-161
Bahasa Inggris I
MPK
3

EKO-112
Ekonomi Mikro I
MKK
3

EKO-122
Ekonomi Makro I
MKK
3

EKO-132
Manajemen
MKK
3
II
EKO-142
Pengantar Akuntansi II
MKK
3

EKO-152
Matematika II
MKK
2

EKO-162
Bahasa Inggris Ekonomi
MKK
2

EKO-172
Bahasa Indonesia
MPK
2

EKO-182
Pengantar Hukum Bisnis
MBB
3

WUN-211
Kewiraswastaan
MPB
3

DUM-221
Pancasila
MPK
2
III
EKO-251
Statistik Ekonomi I
MKK
3

EKP-211
Ekonomi Mikro II
MKB
3

EKP-221
Ekonomi Makro II
MKB
3

EKP-261
Ekonomi Koperasi
MKB
3

EKM-251
Manaj. Lembaga Keuangan
MKB
3

EKP-231
Ekonomi Moneter
MKPB
3

EKP-241
Ekonomi  Internasional
MKPB
3

EKO-222
Pengantar Aplikasi Komputer
MKK
3

EKO-252
Statistik Ekonomi
MKK
3

EKP-262
Sistem Ekonomi Syari’ah
MKB
3
IV
EKP-212
Ekonomi Publik I
MKPB
3

EKP-222
Ekonomi Pembangunan I
MKPB
3

EKP-232
Ekonomi Moneter II
MKPB
3

EKP-242
Ekonomi Perdag. Internasional
MKPB
3

EKO-351
Metodologi Penelitian
MKK
3

EKP-321
Ekonometrika
MKPB
3

EKP-371
Eko. Sumber Daya Manusia
MKP
3
V
EKP-391
Bank & Lemb. Keuangan
MKB
3

EKP-311
Ekonomi Publik II
MKPB
3

EKP-351
Ekonomi Industri I
MKPB
3

EKP-361
Ekonomi Pembangunan II
MKPB
3

DUM-332
Pendidikan Kewarganegaraan
MPK
2

EKO-342
Perekonomian Indonesia
MKK
3

EKP-34
Ekonomi Transportasi
MKB
3
VI
EKP-33
ESDA dan  Lingkungan
MKPB
3

EKP-372
Ekonomi Ketenagakerjaan I
MKPB
3

EKP-382
Ekonomi Industri II
MKPB
3

EKP-341
Ekonomi Kota dan Daerah
MKB
3

EKP-441
Perencanaan Pembangunan
MKB
3

EKP-443
Ekonomi Ketenagakerjaan II
MKPB
3
VII
EKP-410
Seminar Ekonomi Moneter
MKPB
3

EKP-430
Seminar Ekonomi Industri
MKPB
3

EKP-440
Seminar Ekonomi Publik
MKPB
3

EKP-422
Riset Operasi
MKB
3

EKP-432
Evaluasi Proyek
MKB
3
VIII
EKP-442
Mslh & Kebij.  Pembangunan
MKPB
3

EKP-465
Agribisnis
MKBP
3

EKP-412
Pengantar  Sosiologi
MKPB
3

EKP-500
Skripsi
MBB
6
Lulusan Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan  Universitas Achmad Yani  diharapkan memiliki kompetensi sebagai berikut. :
a.  Kompetensi Utama
1).   Lulusan memiliki kemampuan menerapkan perangkat konseptual, perangkat analisis dan pendekatan praktis dalam kebijakan untuk mengelola kehidupan sosial dan kemasyarakatan.
2).   Lulusan memiliki kemampuan mendiagnosis isu-isu administrasi negara dan membuat rekomendasi kebijakannya.
b.  Kompetensi Pendukung
1).   Lulusan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja individu dan kelembagaan dalam rangka mendukung terwujudnya responsivitas, responsibilitas dan  akuntabilitas dalam kehidupan kemasyarakatan .
2).   Lulusan memiliki kemampuan menerapkan teknik analisis kebijakan publik untuk meningkatkan kinerja yang inovatif dan strategis.
3).   Lulusan mampu mendesain kebijakan sosial-kemasyarakatan yang adaptif dalam merespons perubahan-perubahan internal dan eksternal masyarakat.
Materi yang disajikan pada masing-masing mata kuliah diajarkan dan dikembangkan dalam suatu rangkaian yang saling terkait, sehingga mahasiswa mendapat pengetahuan yang komprehensif. Dalam pengembangan materi, mata kuliah yang satu selalu terkait dengan mata kuliah yang lain, sehingga terjadi jalinan  (jejaring) yang saling melengkapi.
Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Achmad Yani  mewajibkan mahasiswa menyusun skripsi sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi mahasiswa untuk dinyatakan lulus dan mencapai derajat sarjana. Skripsi pada  Program Studi     Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Achmad Yani  berbobot 6 SKS. Penyusunan skripsi dibimbing oleh dua orang dosen yang memenuhi persyaratan sebagai pembimbing skripsi. Topik yang diangkat sebagai skripsi diusahakan merupakan topik yang aktual dan jelas relevansinya dengan bidang Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Kurikulum Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan  Universitas Achmad Yani  dengan SAP yang disusun diarahkan untuk menyiapkan kegiatan mahasiswa dalam melaksanakan aktivitas terstruktur dan aktivitas mandiri. Peluang mahasiswa untuk mengembangkan diri melalui aktivitas terstruktur, antara lain dilakukan dengan membuat makalah atau mengerjakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah. Disamping itu juga membuat rencana penelitian yang merupakan tugas mata kuliah Metode Penelitian. Dari tugas-tugas dan aktivitas-aktivitas itu mahasiswa disiapkan untuk bekerja mandiri, baik yang dikerjakan sendiri (perorangan) maupun secara kelompok. Dengan tugas-tugas dan aktivitas-aktivitas itu mahasiswa juga mendapat pengalaman dan pengetahuan baru yang selanjutnya dapat memperoleh peluang-peluang baru yang terkait dengan bidang studinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Isi Komentar di bawah ini, Mohon untuk tidak menimbulkan penghinaan terhadap SARA, tkb.
(Utk Versi Mobile/HP Klik Poskan Komentar)

Cari teori belajar & pembelajaran lengkap...?
 
Copyright © 2011. Uvaya Blog . All Rights Reserved
Home | About Uvaya | Kontak | Link | TV Online | Info Kampus | Ruang Diskusi | Free Download | Photos | Daftar Isi
Design by UV Blog . Published by UV Templates